Thursday, August 22, 2013

Auto Pagination dan Solusinya

By Fahmi Jufri   Posted at  11:40 AM   Blogger No comments


Mungkin sobat baru mendengar atau sudah mendengar tentang Blogger Auto Pagination. Blogger Auto Pagination dimaksudkan untuk mengontrol ukuran halaman untuk tujuan membuat blog memuat lebih cepat untuk semua pengguna. Singkatnya Blogger Auto Pagination ini merupakan pengaturan tampilan postingan pada halaman awal. Blogger Auto Pagination dikenalkan Google pada tahun 2010 yang lalu.

Pada tahun 2010 yang lalu saat meluncurkan Auto Pagination blogger buzz mengatakan.

We will dynamically adjust how much content to send to the browser depending on (a) the amount of HTML on the page being requested (in kilobytes) and (b) the number of images on the page. Users can continue to use “older posts” and “newer posts” navigation elements to see additional posts.

Dalam Bahasa Indonesia :

Kami secara dinamis akan menyesuaikan berapa banyak konten untuk mengirim ke browser tergantung pada (a) jumlah HTML pada halaman yang diminta (dalam kilobyte) dan (b) jumlah foto pada halaman. Pengguna dapat terus menggunakan "Older Posts" dan "Newer Posts" elemen navigasi untuk melihat posting tambahan.

Nah, bagaimana sekarang mengetahui kalo blog sobat terpengaruh Auto Pagination?

Sederhana saja, sobat masuk ke setting > masuk tab post dan komentar > rubah tampilan post di halaman utama (katakanlah rubah menjadi 10 post). Sekarang sobat masuk ke homepage blog sobat. Lihat perubahan yang terjadi. Jika di halaman awal tidak terdapat 10 posts (kurang dari 10 post), berarti blog sobat dipengaruhi oleh Auto Pagination. Ini bukan cara yang baik untuk menyajikan blog sobat untuk para pembaca.



Penyebab dari Auto Pagination

Salah satu penyebab dari Auto Pagination ini karena kebanyakan blogger menyisipkan gambar dengan ukuran besar dan juga cara menerapkannya. Berikut penyebabnya yang lain :
  • “Drag and Drop” dari komputer ke postingan blog.
  • Copy dan Paste gambar dari situs web.
  • Memasukkan foto host sebagai base64.
  • Memasukkan banyak gambar dalam postingan.

Solusi

Blogger tidak memberikan pilihan untuk menonaktifkan atau menghapus fitur Auto Pagination. Namun, sobat dapat mecegah atau pulih dari Auto Pagination ini. Berikut solusi-solusi yang dapat berguna :
  • Jika ada postingan yang memiliki banyak gambar, cobalah untuk menghapus gambar yang tidak berguna.
  • Mengurangi ukuran gambar sebelum di upload ke dalam postingan.
  • Menyisipkan gambar dengan cara yang benar melalui fitur upload yang ada di editor post.
  • Mengedit posting diterbitkan yang memicu Auto Pagination dan memeriksa apakah gambar tidak Base64 dikodekan.
  • Dan terakhir, menggunakan fitur 'jump-break'.

Solusi untuk 'jump-break' :

edit posting sobat, dan masukkan fitur 'jump-break' kira-kira di alinea pertama.



Jika template blog sobat ada fitur auto readmore maka akan ada tulisan seperti dibawah ini.



Sehingga mengurangi kesan tidak profesinal di blog sobat. Untuk menghilangkannya, masuk ke template > edit html > dan cari code ]]></b:skin> dan masukkan code berikut di atasnya
.jump-link{display:none}

Sekian

Demikian penjelasan dan solusi tentang Auto Pagination. Saya juga pernah mengalami hal ini, tapi ya mengikuti langkah-langkah di atas akhrinya bisa juga setelah mengikuti solusi di atas. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga artikel ini berguna bagi sobat yang sedang mencari solusinya. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini. Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan di komentar.

referensi : bloggersentral.com

Advertisement :

About the Author (@donfahmio)

Just simple person who love web design and web development



0 comments:

Back to top ↑
Connect with Us



What they say
© 2013 Scientific walks. WP Mythemeshop Converted by BloggerTheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.