Wednesday, December 5, 2012

Router Dinamis / Router RIP

By Fahmi Jufri   Posted at  1:39 AM   Jaringan Komputer No comments

Sebelumnya ane udah jelasin cara menghubungkan Router secara statis, kali ini ane mau share cara menghubungkan Router dengan Router Dinamis / Router RIP. Nggak usah panjang lebar langsung aja masuk ke tahap selanjutnya.



Di tutorial ini ane pake cisco packet tracer gan, karena kalo beli Router nya mahal. Hehehe.
Langkah - langkahnya:
1. buka cisco packet tracer. pasti agan2 semua udah tau kan cara bukanya.
2. atur komponen berikut seperti gambar di bawah gan:
    - 10 pc
    - 5 switch
    - 5 router
    - 3 kabel serial DCE
    - 5 kabel console
    - 16 kabel straight

note : kabel yg hitam = kabel straight
kabel yg biru = kabel console
kabel yg merah(sprti petir) = kabel serial DCE

    # port / interface yg ada dipake di Router LAB_A : FastEthernet0/0,FastEthernet1/0,Serial2/0
    # port / interface yg ada dipake di Router LAB_B : FastEthernet0/0,Serial2/0,Serial3/0
    # port / interface yg ada dipake di Router LAB_C : FastEthernet0/0,Serial2/0,Serial3/0
    # port / interface yg ada dipake di Router LAB_D : FastEthernet0/0,Serial2/0
    # port / interface yg ada dipake di Router LAB_E : FastEthernet0/0

3. Atur ip dari PC0 sampai PC9 seperti :

    #NETWORK  205.7.5.0 Sebagai berikut:

    *PC0 :::
    -IP Address: 205.7.5.2
    -subnetmask: 255.255.255.0
    -Default Gateway: 205.7.5.1

    *PC1 :::
    -IP Address: 205.7.5.3
    -subnetmask: 255.255.255.0
    -Default Gateway: 205.7.5.1

    #NETWORK  192.5.5.0 Sebagai berikut:

    *PC2 :::
    -IP Address: 192.5.5.2
    -subnetmask: 255.255.255.0
    -Default Gateway: 192.5.5.1

    *PC3 :::
    -IP Address: 192.5.5.3
    -subnetmask: 255.255.255.0
    -Default Gateway: 192.5.5.1

    #NETWORK  219.17.100.0 Sebagai berikut:

    *PC4 :::
    -IP Address: 219.17.100.2
    -subnetmask: 255.255.255.0
    -Default Gateway: 219.17.100.1

    *PC5 :::
    -IP Address: 219.17.100.3
    -subnetmask: 255.255.255.0
    -Default Gateway: 219.17.100.1

    #NETWORK  223.8.151.0 Sebagai berikut:

    *PC6 :::
    -IP Address: 223.8.151.2
    -subnetmask: 255.255.255.0
    -Default Gateway: 223.8.151.1

    *PC7 :::
    -IP Address: 223.8.151.3
    -subnetmask: 255.255.255.0
    -Default Gateway: 223.8.151.1

    #NETWORK  210.93.105.0 Sebagai berikut:

    *PC8 :::
    -IP Address: 210.93.105.3
    -subnetmask: 255.255.255.0
    -Default Gateway: 210.93.105.1

    *PC9 :::
    -IP Address: 210.93.105.4
    -subnetmask: 255.255.255.0
    -Default Gateway: 210.93.105.1
    
    ket : cara mengatur ip PC bisa diliat di tutorial router statis

4. Setelah selesai mengatur ip address, subnet mask, dan default gateway. kita lanjut ke mengatur ip router dan mengatur Router RIP.
    Dari struktur jaringan di langkah pertama, bisa kita liat bahwa ada 5 Router yang terdiri dari LAB_A, LAB_B, LAB_C, LAB_D, LAB_E. Berarti kita harus mengatur Router tsb satu persatu, hadaaaahhh pusing juga ya gan. Tapi gak papa untuk ilmu apa sih yang nggak..cie cie..hehehe...
    # Oke, yang pertama kita konfigurasi Router LAB_A. Langkahnya sebagai berikut :
    - kita konfigurasikan Router LAB_A lewat PC3, langkah nya bisa diliat di tutorial router statis.
    - dan berikut command yang di gunakan :
Command LAB_A:
Router>ena
Router#conf term
Router(config)#int fas0/0
Router(config-if)#ip add 192.5.5.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int fas1/0
Router(config-if)#ip add 205.7.5.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int se2/0
Router(config-if)#ip add 201.100.11.1 255.255.255.0
Router(config-if)#clock rate 64000
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#exit
Router#wr mem
Building configuration...
[OK]
Router#

    # kedua kita konfigurasikan Router LAB_B. Langkahnya sebagai berikut :
    - kita konfigurasikan Router LAB_B lewat PC5, langkah nya bisa diliat di tutorial router statis.
    - dan berikut command yang di gunakan :
Command LAB_B:
Router>ena
Router#conf term
Router(config)#int fas0/0
Router(config-if)#ip add 219.17.100.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int se2/0
Router(config-if)#ip add 199.6.13.1 255.255.255.0
Router(config-if)#clock rate 64000
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int se3/0
Router(config-if)#ip add 201.100.11.2 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#exit
Router#wr mem
Building configuration...
[OK]
Router#

    # ketiga kita konfigurasikan Router LAB_C. Langkahnya sebagai berikut :
    - kita konfigurasikan Router LAB_C lewat PC7, langkah nya bisa diliat di tutorial router statis.
    - dan berikut command yang di gunakan :
Command LAB_C:
Router>ena
Router#conf term
Router(config)#int fa0/0
Router(config-if)#ip add 223.8.151.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int se2/0
Router(config-if)#ip add 204.204.7.1 255.255.255.0
Router(config-if)#clock rate 64000
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int se3/0
Router(config-if)#ip add 199.6.13.2 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#exit
Router#wr mem
Building configuration...
[OK]
Router#

    # Lanjut, kita konfigurasikan Router LAB_D. Langkahnya sebagai berikut :
    - kita konfigurasikan Router LAB_D lewat PC8, langkah nya bisa diliat di tutorial router statis.
    - dan berikut command yang di gunakan :
Command LAB_D:
Router>ena
Router#conf term
Router(config)#int fas0/0
Router(config-if)#ip add 210.93.105.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int se3/0
Router(config-if)#ip add 204.204.7.2 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#exit
Router#wr mem
Building configuration...
[OK]
Router#

    # terakhir, kita konfigurasikan Router LAB_E. Langkahnya sebagai berikut :
    - kita konfigurasikan Router LAB_E lewat PC9, langkah nya bisa diliat di tutorial router statis.
    - dan berikut command yang di gunakan :
Command LAB_E:
Router>ena
Router#conf term
Router(config)#int fas0/0
Router(config-if)#ip add 210.93.105.2 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#exit
Router#wr mem
Building configuration...
[OK]
Router#


5. Kemudian konfigurasikan Router satu agar terkoneksi dengan Router lain, langkah ini yang disebut konfigurasi Router dengan Router Dinamis / Router Rip. Oke kita konfigurasi di masing-masing Router, berikut commandnya :
 
Command untuk Router RIP:
LAB A:

Router>ena
Router#conf term
Router(config)#router rip
Router(config-router)#version 2
Router(config-router)#network 192.5.5.0
Router(config-router)#network 201.100.11.0
Router(config-router)#network 205.7.5.0
Router(config-router)#exit
Router(config)#exit
Router#wr mem
Building configuration...
[OK]
Router#


LAB B:

Router>ena
Router#conf term
Router(config)#router rip
Router(config-router)#version 2
Router(config-router)#network 201.100.11.0
Router(config-router)#network 219.17.100.0
Router(config-router)#network 199.6.13.0
Router(config-router)#exit
Router(config)#exit
Router#wr mem
Building configuration...
[OK]
Router#


LAB C:

Router>ena
Router#conf term
Router(config)#router rip
Router(config-router)#version 2
Router(config-router)#network 199.6.13.0
Router(config-router)#network 223.8.151.0
Router(config-router)#network 204.204.7.0
Router(config-router)#exit
Router(config)#exit
Router#wr mem
Building configuration...
[OK]
Router#


LAB D:

Router>ena
Router#conf term
Router(config)#router rip
Router(config-router)#version 2
Router(config-router)#network 210.93.105.0
Router(config-router)#network 204.204.7.0
Router(config-router)#exit
Router(config)#exit
Router#wr mem
Building configuration...
[OK]
Router#


6. Terakhir lakukan test koneksi untuk mengetahui keberhasilan konfigurasi yang tadi kita lakukan.
    kita coba test koneksi antara PC1 ke PC5 dan ke PC4 apakah sudah saling terhubung atau tidak, dengan cara seperti post sebelumnya tutorial router statis, yaitu dengan command "ping". berikut hasilnya :

    - untuk yang lain bisa agan2 coba sendiri. dengan cara klik PC yg mau di test > klik tab dekstop > command prompt



Demikian tutorial dari ane, moga aja bermanfaat bagi agan2 semua. sekian dari ane apabila ada pertanyaan bisa komen di bawah, oke. thanks dah berkunjung di blog ane.



Advertisement :

About the Author (@donfahmio)

Just simple person who love web design and web development



0 comments:

Back to top ↑
Connect with Us



What they say
© 2013 Scientific walks. WP Mythemeshop Converted by BloggerTheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.